-->

MODIFIKASI MOTOR KLASIK ALA POLISI

MODIFIKASI MOTOR KLASIK ALA POLISI
Sejak 'tempo doeloe' motor polisi umumnya bermesin bongsor. Bahkan hingga kini kondisi itu tidak banyak berubah. Tentu saja hal ini sesuatu yang istimewa, karena umumnya aksesori/komponen khusus motor polisi sangat spesial.
Di Amerika, polisi di sana biasa menunggangi Harley-Davidson atau Kawasaki. Di Eropa, produk BMW mendapat ciri sebagai patroli. Tidak saja cepat, tapi performa dan akselerasinya juga kelas wahid.

Tahun 1960-an, jika melihat salah satu motor ini di jalanan Amerika dengan kilatan lampu merah menyala dari sisi samping motor, ada kemungkinan Anda sedang dikejar.
Tidak ada masyarakat umum yang punya motor ini selain polisi. Sebanyak 25 unit CB450 Police Special diimpor Honda ke Amerika. Tujuannya untuk kelancaran tugas penegak hukum.

Sebenarnya CB450 Police Special mirip CB450 produksi tahun 1955. Baik komposisi mesin maupun format bodi. Karena dilengkapi aksesori khas polisi, motor ini disebut Police Special.
Sayangnya, Police Special gagal mengemban tugas. Bukan karena spesifikasinya tidak memadai, tapi di masanya varian Harley-Davidson begitu mendominasi. Akhirnya, 25 unit itu adalah jumlah keseluruhan Police Special di Amerika.
1.Honda CB450 Police Special 1946
Honda CB450 Police Special 1946


2.Indian Four Police Special 1941
Pabrikan Indian terlibat menjadi motor polisi yang diawali tipe Ace Four pada 1928. Motor ini sempat menjadi favorit polisi Amerika dan di-up grade menjadi Police Special.

Mesin yang dipakai 1.265 cc 4-silinder yang mampu berlari 144 km/jam. Dilengkapi lampu strobo dan sirine yang digerakkan putaran roda depan.
Kecepatan rata-rata, seperti umumnya roda empat, masih di bawah 100-an km/jam. Jadinya, Police Special lebih banyak sebagai patroli kota ketimbang mengejar penjahat.

Setahun membuat Police Special, Indian memulai pengembangan lagi. Kali ini melirik format mesin twin, seperti yang digunakan Harley-Davidson. Kedua pabrikan ini menjadi tulang punggung polisi di Amerika.

3.Norton 500 cc 'Sidecar'
Menemukan Norton versi polisi mungkin sulit. Di Inggris pun, asal varian ini boleh disebut tidak ada. Penyebabnya, model 'side-car' ini hanya dipakai kepolisian Hong Kong yang saat itu masih di bawah protektorat Inggris.
Norton 500 cc 'Sidecar'
Sebaiknya jika dicari versi balapnya, Norton 500 cc justru lebih mudah ditemukan. Era 1950-an merupakan masanya event adu cepat. Terlebih di kawasan Eropa. Tak heran kalau varian ini bersaing dengan Gilera 500 cc.

Pilihan Norton sebagai motor polisi berkat performa mesin dan akselerasi responsif. Penambahan 'side-car' agar lebih memadai sebagai kendaraan patroli di lingkungan.
Dengan versi standar nyaris tidak ada perbedaan berarti. Perbedaan menyolok berupa warna bodi serta aksesori khas polisi dan tulisan 'police', selain adanya 'side-car'. Sayangnya, tidak ada catatan resmi tentang jumlah unit versi polisi ini.

4.Triumph Thunder GT 1949-1966
Digemari polisi di seluruh dunia yang menggunakannya. Alasannya, mampu berlari 161 km/jam di masanya. Wajar saja, karena motor ini hasil karya tuner balap Triumph.
Padahal, saat diluncurkan September 1949 hingga 1966, kecepatan motor karya Jack Wickes ini masih 149 km/jam.
Triumph Thunder GT 1949-1966

Triumph Thunder GT 1949-1966

Agar sesuai pasar Amerika, mesin 650 cc diperbaiki hingga mampu melaju 161 km. Dengan kemampuan itu, polisi di beberapa negara membidiknya.
Ternyata, prestasinya justru bukan di kepolisian, tapi arena balap. Beberapa versi pengembangan Thunderbird merajai arena balap, diantaranya TR5, jawara AMC Racing 'Class C' hingga 1969.
Facebook CommentsShowHide